Bila memandang dan merenungi alam semesta, saya yakin tidak ada manusia yang tidak terpesona oleh kehebatannya. Berjuta-juta benda, mulai dari bintang, planet, satelit dan segala hal lainnya, bergantung dan bergayutan secara sistematis dalam ruang yang tidak terukur luasnya. Maha besar dan maha pengatur Dzat yang memiliki kemampuan untuk menetapkan semua pergerakan benda-benda tersebut untuk patuh pada garis edarnya sehingga layak untuk digelarnya fragmen yang dinamakan kehidupan.Gambar

Sang Khalik, si pemilik semua yang sudah di sebutkan tadi, telah menciptakan makhluk yang kita sebut manusia dan ditempatkan di salah satu pelanet yang bernama bumi. Makhluk ciptaan ini di sempurnakannya dengan kebagusan rupa, dengan hati dan akal budi sebagai sarana untuk bisa mengatasi semua permasalahan yang bakal dihadapinya dalam perjalanan hidupnya.

Kalau kita merenungi kisah penciptaan tadi, bahwa manusia diciptakan dengan segala kesempurnaannya, maka manusia mestinya tidak mempunyai permasalahan yang tidak bisa dipecahkan. Mestinya tidak ada persoalan hidup yang tidak bisa diatasi.

Namun, benarkah realita yang kita hadapi berjalan mulus dan indah sebagaimana yang diharapkan sang pencipta? Ternyata tidak.