Download
Tutorial FrontPage untuk yang mahir

Shared Borders adalah bagian dari halaman web yang berbagi isi dengan halaman lain di dalam web. Tempat mereka diatas, bawah, kiri, atau kanan dari halaman dan berguna untuk informasi navigasi link, hak cipta informasi dll

Memasukkan Shared Borders
Masukkan shared borders ke web dengan mengikuti tahapan :

  1. Buka web dan pilih Format|Shared Borders… dari menu bar.
  2. Ceklist All pages untuk menggunakan border(s) untuk semua halaman dalam web atau Current page jika border(s) harus terlihat hanya dalam halaman ini.
  3. Pilih daerah dimana shared borders harus tampil dengan menceklist di atas, kiri, kanan, dan kotak bawah. Tidak direkomendasikan untuk mengisi Right border ini akan menyebabkan tidak terlihat user yang memiliki monitor resolusi rendah.
  4. Ceklist kotak Include navigation buttons jika daerah ini akan memiliki elemen navigasi (dijelaskan detailnya pada halaman berikutnya.)
  5. Klik OK ketika selesai. Properties ini bisa dirubah dengan memilih Format|Shared Borders… sekali lagi dari menu bar setelah shared borders selesai digambarkan.

Shared Border Content
Setelah melengkapi langkah-langkah diuraikan di atas, suatu susunan yang serupa kepada gambaran di bawah akan nampak pada atas halaman web::

Edit isi dengan meng-klik pada shared border dan menggantikan teks komentar warna ungu dengan teks dan grafik.

 

Bar Navigation dibuat dalam FrontPage untuk mempercepat metode untuk memsukkan navigation link ke semua halaman dalam web. Diagram dibawah menggambarkan fitur untuk membuat navigasi bar.

Membuat Navigation Bar

  1. Buka web dalam Navigation View. Tunggal “parent” halaman harus terlihat di daerah biru di layar.
  2. Tambahkan lebih halaman untuk navigasi dengan mendrag nama file pad Folder List ke daerah biru navigasi window. Hubungan koneksi akan dimasukkan antara “child” halamn baru dan halaman parent . Lepaskan tombol mouse ketika hubungan antara halaman terlihat. .
  3. Lanjutkan memasukkan halaman navigation. Jika anda berbuat kesalahan, halaman akan selalu pindah ke lokasi baru pada pohon dengan mengklik dan mendrag mereka dengan mouse.
  4. Masukkan link halaman diluar web dengan memilih halaman akan ditambahkan dari navigation tree dan klik tombol hyperlink external pada Navigation toolbar. Ketik URL dimulai dengan “http://” pada URL: jendela dari kotak Select Hyperlink. Jika link seperti e-mail address, klik tombol e-mail di akhir barisURL ditunjukkan dengan gambar amplop surat . Masuk alamat e-mail pada kotak Create E-mail Hyperlink dan klik OK.

Menghapus halaman dari Navigation Tree
Menghapus halaman dari navigation tree dengan mengklik kanan pada halaman gambar dengan mosue dan pilih Delete dari popup shortcut menu. Untuk memelihara halaman navigation tree tapi tidak ditampilkan pada navigation bar, pilih Included in Navigation Bars. Halaman sekarang berwarna abu pada diagram.

Atau, Pilih Edit|Delete dari menu bar dan pilih dari satu dari dua pilihan. :

Lihat bagian dari tree dengan mengklik tombol Collapse/Expand Subtree antara halaman. Tombol ini akan ditampilkan tanda (-) ketika subtree akan dirobohkan dan tanda plus (+) ketika subtree siap dirobohkan dan bisa diperluas. Lihat hanya subtree dari halaman dengan disorot dan klik tombol Subtree Only pada Navigation toolbar Keseluruhan struktur tree bisa dikotak-kotak antara landscape dan portrait dengan mengklik tombol orientasi pada Navigation toolbar.

Navigation Bar Properties

  1. Buka halaman web dengan navigation bar pada Page View.
  2. Klik kanan pada daerah navigation bar terlihat atau, jika navigation bar belum dibuat pilih Insert|Navigation Bar… dari menu bar.
  3. Pilih halaman mana yang harus ditampilkan seperti links pada navigation bar dengan memilih pilihan dari Hyperlinks to add to page. Gambar Tree akan memebrikan anda suatu tampilan. .
  4. Pilih Home page dan kotak Parent page jika akan memasukkan halaman Additional pages pada navigation bar.
  5. Pilihan Orientation and appearance dengan memilih Horizontal atau Vertical Untuk link dan jika mereka ditampilkan pada Buttons atau Text.
  6. Klik OK ketika selesai._

 

Cascading Style Sheets (CSS) mengijinkan anda untuk mengatur format halaman web dengan mengeset font, mengubah paragraf properties, dan border shading untuk kotak teks. Style sheets can bisa dilakukan dengan tiga cara :

Membuat Embedded Style

  1. Pilih Format|Style dari menu bar.
  2. Klik tombol New untuk membuat style baru
  3. Ketik tanda (.) diikuti nama tanpa space untuk new style pada kotak Name (selector). dibawah seperti contoh dibawah
  4. Klik tombol Format untuk memilihilih element dari style formatting yang akan digunakan. Dalam contoh ini, warna font akan diganti dahulu lalu Font… dipilih dari menu.
  5. dari Font dialog box, font telah berubah menjadi, ukuran 10 point, dan warna menjadi merah. Klik OK ketika anda sudah merubahnya..
  6. Pilih pilihan lain dari menu Format menu untuk merubah lebih dari beberapa element penting . Ketika semua style telah dipilih, Klik OK pada New Style window dan OK pada Style window.

Menerapkan Style Baru
Untuk menerapkan style yang baru anda ciptakan, sorot teks yang akan diterapkan. Daftar style is dalam style menu dalam formatting toolbar. Klik the window dan gulung ke bawah pilih style.

Inline Styles
Beberapa format syles, seperti font properties, borders dan shading, secara otomatis ada pada beberapa element seperti pada portions of text, paragraphs, and divisions. Styles lain yang terdapat dalam tables dan form elements bisa dimasukkan secara manual, caranya sebagai berikut :

  1. Sorot table atau form element dan pilih Format|Properties dari menu bar.
  2. Klik tombol Style… dalam properties window.
  3. Styles yang telah anda buat akan terdaftar dalam Class panah ke bawah menu. pilih salah satu styles atau Klik tombol Format untuk mengubah tombol yang lain.
  4. Tekan OK ketika selesai.

Using Preset External Style Sheets
FrontPage datang dengan beberapa styles yang bisa dimasukkan ke dalam halaman web.

  1. pilih File|New|Pages dari menu bar dan Klik the Style Sheets tab.
  2. Sorot pilihan untuk melihat deskripsi dari beberapa syles dan Klik OK.
  3. Kode Style sheet akan tampil pada layar windows. Simpan style sheet dengan menggunakan akhiran .css .

Membuat External Style Sheet
Untu membuat external style sheet dari awal, ikuti langkah berikut

  1. Pilih File|New|Pages, Klik Style Sheets tab, dan pilih Normal Style Sheet.
  2. Halaman kosong akan tampil di monitor dengan Style toolbar. Klik Style… button pada toolbar.
  3. Sorot element dari daftar Styles yang akan dimasukkan dan Klik the Modify… button. contohnya pilih the “body” tag dari daftar dan kita akan mengubah default teks style untuk halaman.
  4. Klik tombol Format pada Modify Style window dan pilih elements yang akan diubah formatnya. untuk mengubah default teks style seperti pada contoh , pilih “Font…”. Pilih “Arial” dari daftar font dan “10pt” dari daftar ukuran
TIP – Sebaiknya menggunakan fonts umum seperti sans-serif fonts are Arial, Verdana, Geneva, dan sans-serif while serif fonts Times New Roman dan Times. Karena komputer browser akan menampilkan fonts yang dimiliki oleh komputer user, jika user tidak memiliki fonts tersebut maka secara otomatis browser tidak bisa menampilkan teks.
  1. Klik OK ketika selesai.
  2. Klik OK pada Modify Style window.
  3. Akan muncul pesan bahwa style window sekarang ada di daftar. Klik OK untuk keluar Style window atau pilih elements lain untuk dimodifikasi.
  4. Simpan style sheet dalam format .css

Link keExternal Style Sheet
Setelah anda membuat external style sheet, dan ini harus link ke halaman web untuk dapat diakses melalului internet.

  1. Buka halaman web dan pilih Format|Style Sheet Links dari menu bar.
  2. Klik tombol Add… pada Link Style Sheet kotak dialog.
  3. pilih the .css file dan Klik OK.

Untuk menghilangkan external style sheet link dari page, sorot style sheet pada daftar dan Klik dan tombol Remove

Mengedit External Style Sheet

  1. Buka.css file pada FrontPage.
  2. pilih Format|Style dari menu bar.
  3. Sorot style dari daftar yang dibutuhkan untuk mengubahnya Klik Modify .
  4. Buat perubahan yang dibutuhkan dari tombol Format .
  5. Klik OK ketika selesai dan simpan kertas style._

 

Themes yang disediakan FrontPage bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda akan memodifikasi theme. Pertama pilih Format|Themes dan klik tombol modifikasi. Tindakan ini akan mengungkapkan tambahan tombol untuk modifikasi theme

 

Warna
Klik tombol Colors… untuk memodifikasi warna

  • Color Schemes tab – Pilih warna scheme dari daftar
  • Color Wheel tab – Klik dan drag lingkaran dalam putaran warna ke warna scheme.
  • Custom tab – Mengubah teks dengan memilih dari menu panah bawah dan pilihan warna. Klik OK ketika selesai memodifikasi warna scheme.

Graphics
Bullets, banners, dan backgrounds pada theme bisa diubah. Klik tombol Graphics… untuk mengubah gambar dalam theme.

  • Pilih items dari menu kebawah. Ubah gambar dari daerah teks yang disediakan dibawah Picture tab dan modifikasi fonts dari Font tab.
  • Pada bawah window, pilih “Normal Graphics” untuk gambar tidak bergerak dan
  • Klik OK ketika selesai

Text
Tombol Text… akan disediakan pada menu yang akan mengijinkan anda mengubah element fonts pada theme.

  • Pilih element teks dari Item menu kebawah dan lalu pilih new font untuk item dari daftar Font.
  • Klik tombol More Text Styles… untuk mengubah tambahan teks.

Menyimpan dan Memodifikasi Theme.

Jika anda berencana menggunakan theme yang sama yang telah anda modifikasi pada halaman lain, theme bisa anda simpan. Klik tombol Save As pada Themes kotak dialog dan masukkan nama theme._

 

Apa Itu Frames?
Frames membagi halaman web ke dalam bagian-bagian yang masing-masing memiliki HTML yang berbeda sumber halaman dan mereka memiliki menu menggulung masing-masing. Mereka akan berguna untuk situs yang membutuhkan bagian yang tetap ketika layar digulung.

Contohnya, the Web Boards digunakan pelatihan di FGCU menggunakan frames. The black navigation bar, Conferences list, dan isi frame utama terdapat tiga frames yang sendiri, masing-masing memiliki sumber halaman HTML yang berbeda.

 

Membuat Halaman Frames
Membuat halaman frase ikuti langkah berikut :

  1. Pilih File|New|Page dari menu bar dan klik Frames Pages tab.
  2. Melihat pilihan dengan mengklik di gambar icon sekali mouse dan Preview window. Pilih icon format frame anda akan suka untuk menggunakannya dan klik OK.
  3. Ketika dilihat dalam Page view, halaman web akan terbagi kedalam beberapa frames dan frame harus “Set Initial Page…” dan tombol “New Page”. Klik New Page jika sumber halaman untuk frame tidak ada. Frame secepatnya akan menjadi putih setelah tombol di klik dan anda akan bisa mengetik dan memasukkan graphic seperti halaman web biasa. Klik Set Initial Page Jika sumber halaman untuk frame sudah dibuat dan dipilih dari kotak dialog.
  4. Simpan halaman frames dengan memilih Files|Save As dari menu bar. Anda akan diinformasikan untuk menyimpan frame utama dan diikuti dengan beberapa sumber frame lainnya. Diagram akan disorot halaman yang disimpan. Dibawah, diagram semua disorot dalam frame biru, menandakan frame utama telah disimpan.

    Pada gambar dibawah, sumber frame diatas telah disimpan. :

Frame Properties
Klik Kanan pada frame sebelum atau setelah isi halaman telah diidetifikasi dan pilih Frame Properties dari menu shorcut.

Name
Beri nama untuk semua frame untuk tujuan links.

Initial Page
Beri initial HTML sumber halaman .

Frame size
Ukuran lebar dan tinggi frame dalam pixel atau persentase layar.

Options
Check “Resizeable in Browser” jika user bisa diklik dan didrag. garis frame untuk memperkecil. Buat pilihan dengan “Show scroll bars” jika penggulungan ingin ditampilkan dalam frame.

Linking in Frames
Ketika membuat link dari halaman frames, klik tombol pensil selanjutnya pilihan Target frame pada Create Hyperlink kotak dialog. Pilih target dari link dari kotak Common targets.

Page Default Akan menampilkan defaul frame yang menghubungkan ada hubungan.

Same Frame Akan menampilkan halaman baru pada frame yang sama.

New Window Akan membuka browser baru pada window.

Parent Window Akan menampilkan halaman dalam halaman yang sekarang._

 

 

Access ke komponen menu dengan Insert|Component dari menu bar.

Includes

Untuk memasukkan halaman web pada halaman lain, langkah pertama adalah menempatkan kursor dimana akan ditempatkannya, lalu pilih Insert|Component|Include Page dari .Klik Browse… untuk memilih halaman yang ingin dimasukkan lalu klik OK. Isi halaman yang akan dimasukkan akan tampil dalam sumber halaman, tapi isi halaman hanya bisa dimodifikasi dengan membuka halaman yang berbeda.

 

Scheduled Picture (Gambar Yang Dijadwalkan)
Elements dalam halaman isinya bisa berubah secara otomatis dengan cara pemberian jadwal waktu berubah, pilih Insert|Component|Scheduled Picture… dari menu bar. Pilih gambar lalu pilih gambar yang akan berubah pada saat tanggal dan jam tertetntu. set juga awal dan akhir dari yang djadwalkan. KlikOK ketika selesai..

 

Scheduled Include Page (Penambahan Halaman yang Dijadwalkan)
Halaman juga dapat dijadwalkan seperti file gambar, dengan cara memilih Insert|Component|Scheduled Include Page… dari menu, pilih file, dan set waktunya

Tanggal dan Jam
Sangat menguntungkan jika anda memasukkan “last updated” date di bawah halaman web, agar pengunjung tahu materi terbaru yang dimasukkan. . FrontPage secara otomatis ketika halaman di simpan. Tempatkan kursor di halaman dimana tanggal diupdate, pilih Insert|Date and Time… dari menu bar.

 

Pencarian Form
Memasukkan pencarian form ke situs dengan memilih Insert|Component|Search Form dari menu bar. Fitur ini akan otomatis dibuat dengan form yang sederhana

Mengatur Search form dari properties window.

Label for Input teks yang ditampilkan sebelum kotak teks.

Width in characters lebar teks kotak search.

Labels for “Start Search” and “Clear” buttons teks yang ditampilkan pada tombol teks.

Klik Search Results tab untuk melihat hasil search format.

Pilih tanggal dan jam fomat untuk ditampilkan pada hasil pencarian. .

Display score kata kunci terdekat yang ditemukkan pada halaman. score tertinggi menandakan termirip dengan kata yang dicari.

Display file date dimasukkan tanggal dan waktu terakhir dimodifikasi

Display file size ukuran halaman dalam jumlah kilobytes._

 

Form Page Wizard
Forms mengijinkan anda untuk menerima informasi dari pengunjung situs anda. Forms bisa dibuat secara manual atau dengan FrontPage’s Form Page Wizard. Untuk menggunakan, pilih File|New|Page dari menu bar.

 

  1. Klik Next > pada penjelasan pertama wizard window.
  2. Kedua window akan mengijinkan anda untuk memasukkan pertanyaan yang akan ditampilkan pada form . Klik tombol Add untuk memasukkan pertanyaan baru pada form.

    Pilih type masukkan dari menggulung menu dan edit bentuk dari pertanyaan dalam kotak teks dibawah jika diperlukan. Klik Next > ketika selesai.

    Pilih masukkan untuk pertanyaan yang anda masukkan pada menu window sebelumnya. Isi dari window akan sangat beragam tergantung dari pertanyaan yang dimasukkan. Klik Next > ketika sudah yakin pilihan anda.

    Pertanyaan akan muncul sekarang pada daftar pertanyaan pada menu. Klik masukkan untuk memasukkan lebih dari element ke form. Jika pertanyaan harus dirubah, sorot judul daftar dan klik Modify atau Remove untuk menghapus pertanyaan. Ulangi pemberian pertanyaan dengan menggunakan Move Up dan Move Down. Klik Next > untuk memproses langkah selanjutnya setelah pertanyaan dimasukkan.

  3. Presentation Options – pada windows ini, menentukan beberapa layout form dari berbagai pilihan dan klik Next >.
  4. Output Options – Sekarang form telah diisi oleh berbagai elemen, sekarang anda membutuhkan jalan untuk melihat hasil dari form. Anda akan menyimpannya dalam bentuk halaman web atau file teks dan isikan nama file dimana hasilnya akan disimpan. Klik Next > ketika selesai.
  5. Form telah selesai. Klik Finish untuk memasukkan form ke halaman web.

Forms Toolbar
Aktifkan Form toolbar dengan memilih Insert|Form dan drag menu keluar dair menu bar.

Pertama, Klik tombol Form. Daerah bertitik dengan Submit dan tombol Reset ada didalamnya.

Klik tombol Form Properties.

Pilih lokasi penyimpanan isi form dan nama setelah Form name. Klik Options… untuk untuk menetapkan pilihan halaman hasil teks, e-mail pilihan dan suatu halaman konfirmasi.

Pada form, tempatkan kursor sebelum tombol Submit dan tekan ENTER beberapa kali untuk memberi ruang form seperti dibawah ini.

Text Box
Text boxes mengijinkan user untuk memasuki satu garis teks. Klik tombol pada form toolbar untuk memasukkan teks ke form. Aktifkan kotak teks dan pilih Format|Properties dari menu bar

Name – Masukkan nama dari kotak teks tanpa space
Initial Value – Teks ini akan diisi dengan inisial saja. .
Width in characters – Menentukan lebar kotak teks. Lebar bisa diganti dengan mengklik dan mendrag element tersebut.
Tab order – Ini akan mempermudah untuk mengeset ketika semua elemen form dalam halaman. . Gunakan angka 1,2,3… Untuk mempermudah pemakai dalam menghadapi element form ketika tombol TAB digunakan.
Password field – Pilih Yes jika masukan ke dalam kotak harus diberi password dan tanda asterik akan muncul ketika diketikkan

Validate… – Klik tombol ini untuk memasuki Pilihan Validation

Set kotak teks hanya untuk menerima beberapa tipe data, minimum atau maximum panjang, dan pilihan lainnya.

Text Area
Kotak teks mengijinkan user untuk memasuki berbagai bentuk teks. Klik tombol form toolbar untuk memasuki teks area pada form. Aktifkan teks dan pilih Format|Properties dari menu bar.

Set Ini hanya pada kotak teks. Lebar dan nomor baris pada teks area hanya bisa dirubah dengan mengklik dan mendrag di daerah teks.

Check Box
Check boxes mengijinkan user untuk membuat beberapa pilihan dari daftar. Masukkan kotak cheks dengan mengklik tombol pada form toolbar, masukkan value, dan tekan ENTER atau SHIFT+ENTER setelah salah satu.

Pilih Format|Properties untuk mengubah checkbox properties.

Name – Semua chekboxes pada daftar yang sama harus diberi nama yang sama. Seperti contoh dibawah, tiga checkboxes mempunyai nama “colleges”.
Value – Nilai semua checkbox harus berbeda “COB” digunakan angak untuk “College of Business” checkbox.
Initial state – Jika Jika ada kemungkinan bahwa pemakai akan memeriksa suatu checkbox tertentu, kotak dapat mulai dicek pada awalnya.

Radio Button
Radio buttons mengijinkan user hanya memilih satu pilihan dari daftar form. Masukkan daftar dengan mengklik tombol pada form toolbar, enter value, dan tekan ENTER or SHIFT+ENTER setelah salah satu.

Pilih Format|Properties untuk merubah radio button properties.

Drop-Down Menu
Jika check box atau radio button is terlalu panjang, lebih baik gunakan menu drop down. Menu akan memperkuat pilihan dan memberi sedikit tambahan ruang pada halaman. Masukkan drop-down menu ke form dengan mengklik tombol form toolbar. Masukkan nilai menu dengan double klik pada menu. Pertama, nama drop-down menu seperti dibawah. Masukkan pilihan pada menu dengan mengklik tombol Add….

Choice – Teks ini akan tampil pada menu.
Specify value – Kurang dari nilai yang lebih spesifik. Teks dimasukkan dalam pilihan baris akan bernilai untuk pilihan. Jika anda ingin nilai berbeda, check kotak ini dan masukkan nilai baru. Initial state – Satu pilihan pada drop-down menu bisa dipilih dengan inisial .

Untuk mengubah pilihan, sorot pada daftar dan klik tombol Modify… atau klik Remove untuk menghapus pilihan. Gunakan Move Up dan tombol Move Down untuk mengubah perintah pada daftar. .

Height – Mengubah nilai ini menandakan jumlah pilihan yang harus terlihat tanpa menklik gambar lebih.

Height=1

Height=3

Allow multiple selections – User akan bisa memilih beberapa items dari daftar dengan menekan tombol bawah CTRL ketika mengklik nama._